Teknologi Layar Monitor (CRT, LCD, OLED)

Jenis Monitor


CRT (cathode ray tube) monitor adalah teknologi layar sekarang kuno yang populer bahkan ke dalam abad ke-21. Tabung sinar katoda senjata berisi beberapa elektron, yang elektron api melalui ruang hampa ke fosfor “pixel”. Tiga warna fosfor “piksel” yang hadir (merah, hijau dan biru), dan defleksi oleh medan magnet menentukan mana yang akan dinyalakan. Meskipun reproduksi warna dan kontras yang sangat baik di kemudian model monitor CRT, monitor LCD modern (lihat di bawah) adalah sangat tipis dan ringan, sambil memberikan rasio kontras yang luar biasa, reproduksi warna yang baik dan waktu respon. Daftar istilah sekarang-redundant yang berhubungan dengan monitor CRT dapat ditemukan di bagian akhir artikel ini PC Monitor.

LCD (liquid crystal display) monitor

Layar LCD standar saat ini tampilan untuk monitor PC yang paling, layar TV dan perangkat elektronik seperti kamera digital, ponsel dan MP3 player.

LCD monitor PC biasanya berisi dua filter polarisasi dengan cairan sel diisi kristal atau piksel. Backlight Sebuah menciptakan cahaya yang melewati filter pertama, sedangkan elektroda mengatur arus yang melalui kristal cair dan menentukan keselarasan mereka. Elektroda mengatur alignment kristal, menentukan warna dan intensitas cahaya gambar.

OLED (light emitting diode organik) monitor


OLED (light emitting diode organik) adalah sebuah teknologi layar muncul yang belum membuatnya menjadi PC monitor mainstream terutama karena biaya tinggi saat ini terkait dengan pembuatan monitor OLED. Monitor OLED menggunakan prinsip electroluminescence; menggunakan bahan-bahan yang bersinar ketika arus diterapkan, daripada mengandalkan sebuah lampu latar. Ini berarti bahwa monitor yang lebih tipis dan ringan, memiliki rasio kontras yang tak tertandingi, reproduksi warna dan waktu respon dan bahkan dapat dibuat fleksibel. Meskipun teknologi ini saat ini tidak digunakan pada monitor PC, layar yang lebih kecil seperti pada ponsel high-end layar sentuh, kamera digital dan 11-inci yang indah Sony Xel-1 TV (yang terdapat dalam video di bawah ini) fitur teknologi OLED.

Monitor PC terminologi

Monitor backlight

Lampu latar yang digunakan dalam monitor LCD untuk menerangi kristal cair, seperti yang dieksplorasi sebelumnya. Ada dua tipe utama lampu latar. Jenis yang paling umum di monitor PC adalah backlight CCFL (katoda lampu neon dingin), yang melakukan pekerjaan yang sangat baik di menerangi layar untuk berbagai intensitas .. Lampu CCFL pandai menerangi layar untuk berbagai intensitas, dan dalam kasus WCG (gamut warna yang lebar) lampu CCFL – memberikan gamut warna yang luas hingga ruang warna 96% NTSC.

Beberapa produsen menggunakan jenis alternatif lampu latar, yang melibatkan penggunaan berwarna (merah, hijau dan biru) LED (light emitting diode) untuk menyinari layar. Karena intensitas LED dapat dikontrol (seperti juga dengan presisi tinggi dan kesamaan), kontras variabel dapat digunakan di layar dan kontras unggul secara teoritis dapat diperoleh. Lampu latar LED juga jauh lebih efisien, yang bebas merkuri dan memberikan output panas yang lebih rendah dari lampu CCFL. Menggunakan LED RGB juga memperluas gamut warna monitor sangat (membawanya ke sampai 114% dari ruang warna NTSC).

Teknologi alternatif adalah penggunaan yang sangat efisien ‘putih’ LED sekitar perbatasan layar (biasanya disebut sebagai ‘tepi-lit’). Sebuah keuntungan nyata dari teknologi LED tepi-menyala atas setiap lampu latar belakang-layar-adalah bahwa Anda dapat membuat layar yang sangat tipis dan ringan. Kemurnian cahaya dan tanggap terhadap berbagai intensitas cahaya juga dapat menyediakan kontras dan pencahayaan keuntungan yang dirasakan selama backlighting CCFL, meskipun gamut warna yang sebenarnya tidak typcially melampaui bahwa lampu CCFL biasa. Tanpa kedalaman warna sesuai tinggi (seperti yang disediakan oleh PVA / IPS dan panel lebih mahal lainnya), itu tidak layak bahwa backlight luas keseluruhan menawarkan keuntungan sedikit.

Warna gamut

Ini adalah berbagai warna, dari spektrum terlihat, bahwa monitor PC yang mampu memproduksi. Gambar di bawah menunjukkan spektrum warna yang terlihat, dengan segitiga yang mewakili NTSC (televisi komite sistem nasional, yaitu warna gamut teoritis maksimum gambar disiarkan di TV) dan gamut warna khas CCFL backlit monitor, monitor LED backlit putih dan merah-hijau-biru (RGB) LED backlit monitor. Meskipun tidak terlihat pada gambar, masa depan khas OLED monitor PC kemungkinan besar akan diwakili oleh segitiga secara signifikan lebih besar – mencerminkan gamut warna yang sangat luas.

Warna kedalaman

Kedalaman warna yang mengacu pada jumlah warna monitor bisa proses dan menampilkan, berdasarkan internal monitor modern processing.Most adalah twisted nematic (TN) panel panels.TN mampu memproses 6-bit per pixel (3×6 = 18-bit warna total, atau 262.144). Dithering digunakan untuk menampilkan warna yang sedikit berbeda warna masing-masing refresh layar, dan kedalaman warna sehingga tampak pendekatan warna 24-bit (16,7 juta warna). PVA dan IPS LCD panel mampu keluaran 8-bit atau bahkan 10-bit per pixel, dan karena itu dapat transisi 24-bit atau warna 30-bit (meskipun output sebenarnya akan tergantung pada kualitas lampu latar juga). Di masa depan, OLED monitor harus melampaui ini kedalaman warna, sebagai piksel memancarkan cahaya secara langsung.

N.B. 32-bit warna, seperti yang digunakan di Windows, bukan kedalaman warna yang benar. Ini merupakan warna 24-bit dengan tambahan 8-bit data non-warna (alpha, z, data benjolan dll).

Rasio Kontras

Rasio kontras adalah ukuran dari hubungan antara intensitas terang putih dan hitam gelap monitor dapat menampilkan. Karena produsen monitor PC tampaknya menggunakan mereka sendiri ‘unik’ cara mengukur rasio kontras, bagaimanapun, angka sering berlebihan dan tidak sebanding dengan angka yang digunakan oleh produsen lain. Selain itu, beberapa produsen telah mulai melemparkan tentang besar “rasio kontras dinamis” angka juga. Sedangkan rasio kontras statis adalah ukuran dari rasio yang paling gelap hitam ke putih terang ditampilkan pada monitor pada waktu tertentu, kontras dinamis adalah ukuran dari perbedaan intensitas temporal. Efek ini sering diperkuat dengan memvariasikan intensitas elemen backlighting individu. Daerah berbeda dari layar sehingga akan diterangi dengan intensitas yang berbeda (ini sangat efektif dengan backlighting LED), menghasilkan rasio kontras yang lebih luas. Masalah utama dengan cara rasio kontras dinamis telah dilaksanakan sejauh ini adalah bahwa efek keseluruhan tidak alami dan bahkan menyakitkan melihat – kebanyakan pengguna akan menonaktifkan pilihan kontras dinamis pada monitor mereka. Kebanyakan monitor memiliki diimplementasikan dengan buruk rasio kontras dinamis, membuat pengalaman menonton yang tidak menyenangkan – pengguna seringkali akan menonaktifkan fitur ini. Karena monitor OLED memiliki backlight tidak dan piksel memancarkan cahaya secara langsung; rasio kontras benar-benar gila akan bermakna dan akan terlihat lebih alami tanpa backlight campur.

Pencahayaan atau kecerahan

Luminance diukur dalam cd/m2 (candelas per meter persegi) dan merupakan ekspresi dari tingkat cahaya yang dipancarkan oleh PC monitor nilai biasa untuk modern modern adalah sekitar 250-300cd/m2, yang sangat terhormat dan lebih dari cukup. Monitor LED-backlit mungkin memiliki luminance melebihi 350cd/m2 dan PC monitor masa depan, seperti monitor OLED, pasti akan meningkatkan angka ini lebih lanjut.

Resolusi layar

Resolusi layar monitor PC umumnya mengacu pada jumlah piksel ditampilkan dalam horizontal dengan dimensi vertikal. Untuk monitor CRT, jumlah ini dapat bervariasi secara mekanis oleh monitor itu sendiri dan karenanya resolusi layar adalah variabel. Untuk monitor LCD atau OLED, resolusi ditetapkan oleh jumlah piksel diletakkan horisontal dan vertikal di dalam monitor, dan disebut sebagai resolusi optimal atau asli.

Waktu respon

Waktu respon merupakan indikasi dari waktu, dalam milidetik, untuk pixel LCD atau OLED monitor untuk transisi dari satu keadaan ke keadaan lain. Sebuah waktu respon cepat di monitor berarti gambar lebih cairan dengan kurang miring atau “berbayang”, yang digunakan untuk menjadi masalah dengan generasi sebelumnya display LCD. Secara tradisional, waktu respon adalah menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk PC monitor untuk transisi dari “on” (putih) untuk “off” (hitam) negara dan kemudian kembali lagi. Pada tahun 2005, bagaimanapun, dianggap lebih bermanfaat bagi produsen untuk negara “abu-abu untuk abu-abu” waktu respon, waktu yang diperlukan untuk transisi dari satu warna abu-abu yang lain. Ini yang lebih mencerminkan skenario dunia nyata sebagai pixel jarang akan beralih dari terhadap keadaan off dan kembali lagi.
Kali Tanggapan (gray-to-gray) dari monitor PC modern biasanya sekitar 2-5ms. Hal ini membuat mereka sempurna untuk menonton film dan bermain game, dan Anda akan sulit-didorong untuk melihat adanya mengganggu miring atau ghosting. Meskipun demikian, waktu respon didorong lebih jauh sebagai teknologi membaik. Waktu memonitor respon OLED, misalnya, diperkirakan sekitar 0.01ms atau bahkan lebih rendah.

Ukuran layar

Ukuran layar mengacu pada ukuran diagonal layar, biasanya dalam inci, dari atas salah satu sudut ke sudut bawah berlawanan. Untuk monitor CRT, pengukuran ini meliputi casing monitor PC dan tokoh lain (bawah) untuk “area pandang”. Untuk monitor LCD, angka ini secara tradisional hanya mengacu pada area pandang dari layar (di dalam bezel) – tetapi banyak produsen telah dikembalikan untuk mengukur ukuran seluruh layar untuk benjolan sampai nomor.

Aspek rasio

Sebuah ukuran horizontal dengan ukuran layar vertikal. Monitor persegi tradisional memiliki aspek rasio 05:04, sedangkan kebanyakan PC monitor layar lebar memiliki rasio aspek 16:9 atau 16:10.

Melihat sudut

Ini adalah sudut sekitar yang layar dapat dilihat tanpa gambar menjadi jauh berubah .. Awal LCD monitor menderita dari sudut pandang yang cukup terbatas, dan bahkan melihat off-pusat kecil tidak mungkin. Modern monitor LCD memiliki sudut pandang yang lebih luas, biasanya sekitar 120-170 derajat (mungkin sedikit lebih tinggi untuk panel PVA dan IPS | bahkan lebih tinggi untuk PVA / IPS panel}) dan layar masa depan harus dapat dilihat dari sudut yang paling di depan layar tanpa distorsi.

Usang teknologi

Refresh rate

Untuk monitor CRT, refresh rate dapat menentukan kemungkinan monitor anda memberikan Anda kelelahan mata dan / atau sakit kepala. Ini adalah pengukuran, dalam Hz, jumlah piksel kali di layar digambar dalam hitungan detik. Jika refresh rate terlalu rendah (umumnya di bawah 85Hz) berkedip-kedip terjadi kemudian dan sakit kepala terkait dan kelelahan mata berikut. Meskipun LCD monitor masih memiliki “refresh rate”, itu hanya penting untuk aplikasi spesialis (misalnya untuk 3D melihat menggunakan kacamata shutter) dan jika Anda ingin menonaktifkan-sync v tanpa robek umumnya terkait. Karena LCD monitor mengandung kristal cair yang hanya bertindak sebagai jendela terhadap backlight, ini fenomena berkedip-kedip tidak terjadi, bahkan jika refresh rate monitor adalah 60Hz tampaknya rendah.

Shadow mask

Sebuah lembaran logam tipis dengan lubang-lubang kecil di dalamnya disebut sebagai masker bayangan. Ini adalah teknologi yang populer untuk monitor CRT tradisional, di mana tiga senjata elektron akan menembak elektron melalui lubang-lubang dan fokus mereka pada titik tertentu pada permukaan fosfor. Elektron Tidak Diinginkan Oleh karena itu gelap dan fosfor yang menyala secara tepat dikendalikan.

Aperture grill

Ini adalah teknologi pilihan untuk Sony Trinitron CRT monitor. Elektron dipecat melalui kawat vertikal kecil (yang membentuk sebuah grill aperture) dan difokuskan pada layar fosfor untuk menerangi itu. Teknologi ini memungkinkan layar datar untuk layar datar yang kurang cenderung untuk menghasilkan kelelahan mata.

Slot topeng

Topeng Slot adalah kombinasi panggangan aperture dan masker bayangan, dan teknologi monitor PC kurang umum. Monitor topeng Slot terdiri dari slot vertikal sejajar daripada lubang kecil, yang meningkatkan kecerahan dengan transmisi elektron meningkat.

Dot pitch

Ini adalah jarak, dalam milimeter, antara dua fosfor dengan warna yang sama. Layar dengan dot pitch yang lebih rendah sehingga memberikan gambar yang lebih tajam. Metode yang dot pitch diukur berbeda antara grill aperture dan monitor bayangan topeng. Untuk grills aperture itu adalah jarak horizontal antara dua {“garis” fosfor seperti berwarna | fosfor garis-garis yang sama warna (dan karenanya kadang-kadang disebut ‘pitch stripe’ as), sedangkan untuk masker bayangan monitor itu adalah jarak diagonal antara dua titik fosfor dengan warna yang sama.

Untuk informasi tambahan tentang OLED dan teknologi masa depan lain, silahkan membaca artikel teknologi masa depan kita. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang teknologi OLED, silakan baca artikel Monitor PC OLED.

PC Monitor berisi kekayaan fantastis artikel, berita dan ulasan monitor. Kami melihat teknologi monitor terkini dan masa depan (termasuk monitor OLED dan 3D) dan membawa Anda pilihan uang dapat membeli monitor terbaik.

Pasal Sumber:  Sumber

About lagukaraokeindo

Kami jual lagu karaoke indo dan barat bekualitas

Posted on January 20, 2011, in Download Lagu Karaoke Gratis. Bookmark the permalink. Comments Off on Teknologi Layar Monitor (CRT, LCD, OLED).

Comments are closed.

%d bloggers like this: